“Ruang Belajar SLB Cendana Duri”
Kualitas proses pembelajaran tidak hanya tergantung kepada kepiawaian guru dalam mengelola pembelajaran, kondisi ruang kelas juga sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar dan mengajar. Suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan merupakan salah satu komponen pendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Setiap guru harus memiliki kreativitas dalam mendekorasi ruang belajar agar proses belajar menyenangkan dan membuat peserta didik nyaman berada di kelas.
Para peneliti dari Universitas Salford mengatakan bahwa tata letak, konstruksi dan dekorasi ruang kelas memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan membaca, menulis, dan berhitung murid-murid sekolah dasar. Mereka juga mengatakan bahwa cahaya, suhu, kualitas udara dan desain ruang kelas yang individual adalah sangat penting. Sedangkan fitur gedung sekolah, seperti fasilitas dan ukuran, memiliki dampak yang lebih kecil jika dibandingkan dengan desain ruang kelas.
Penulis laporan tersebut, Profesor Peter Barrett, mengatakan terdapat tiga faktor utama untuk desain yang baik, yakni individualisasi, stimulasi, dan situasi alami. Faktor terakhir merupakan yang paling signifikan, karena kualitas udara, cahaya dan suhu memainkan peran penting. Ketiga hal tersebut berkontribusi untuk setengah dari total dampak kepada murid.
Oleh karena itu SLB Cendana Duri selalu memberikan fasilitas desain kelas yang mampu membuat peserta didik merasa nyaman dan aman ketika proses belajar di kelas.